Skip to main content

Membuat Mesin Bubut Kayu Sederhana

Menimbang banyaknya rekan-rekan dari dunia kerajinan yang menanyakan saya tentang cara membuat mesin bubut kayu sederhana,maka kali ini saya akan menyajikan cara membuatnya. Namun postingan ini sedikit tidak berhubungan dengan postingan sebelumnya yang berisi tentang tutorial mesin bubut logam konvensional. Postingan ini bukan buat anda yang sudah mengerti mesin bubut konvensional,atau juga bukan untuk yang sedang belajar mesin bubut logam umumnya,namun seperti kata saya di awal adalah untuk teman teman pengerajin kayu.

Jika anda berniat membuat sebuah mesin bubut kayu sederhana namun langsung bisa dipakai berproduksi,ada beberapa alt dan bahan yang kita perlukan:
  1. satu buah papan kayu ataupun meja
  2. satu potong as besi ± panjang35cm diameter 1"
  3. satu potong as berulir ± panjang 25 cm ukuran drat W1" (kita bisa membeli di toko baut atau memesan di bengkel bubut)
  4. satu buah vully untuk poros
  5. satu buah pencekam/catok kayu (buat di bubutan)
  6. satu buah senter putar,yang akan menyangga benda kerja(buat di bubutan)
  7. dua buah pillow blok diameter lobang sesuai as
  8. dua buah mur yang di las di atas sebuah plat ± 12x20cm tebal 8mm atau lebih
  9. satu buah mur untuk kontra
  10. satu potong pipa besi untuk penyangga pahat ,panjangnya sesuai dgn panjang mesin yang di kehendaki
  11. dua buah pegangan pipa penyangga
  12. satu buah motor listrik ¼HP atau sesuai keperluan
  13. tali kipas(v belt)
  14. baut-baut pengikat

Nah selanjutnya kita susun komponen tersebut diatas papan kayu atau meja yang sudah disiapkan. Kurang lebih seperti gambar berikut.


komponen bubut kayu

as bubut kayu
set spindel vuli dan catok



set kepala lepas,minus mur pengunci




Catatan:
Model catok atau pencekam sangatlah bervariasi. Untuk tugas standar,bisa menggunakan seperti di gambar. Sebuah catok planes diameter kira-kira 40mm,satu mata runcing dgn sudut 60ยบ di pusat,dan tiga lainnya di pinggir dengan sudut yang lebih lancip.

Baca Juga :

Untuk tugas tugas mengerjakan benda pendek dan membubut  bagian depan dan lobangnya, bisa menggunakan catok model face plate,dengan lobang lobang sekrup yang akan digunakan mengikat kayu log benda kerja.



Untuk kepala lepas,usahakan agar posisi plat dudukan mur dan as berulir tersebut bisa di pindah mengikuti panjang benda kerja yang di bubut. Gunakan drat kotak untuk tugas yang lebih berat. Pakailah bearing kualitas bagus untuk senter putarnya dan lumasilah.

Comments

  1. Terima kasih kak artikelnya sangat bermanfaat dan membantu
    Jangan lupa mampir di kampusku ya walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Inilah Daftar Ukuran,Jenis dan Type Ball Bearing (Klaher)

Pernah bingung mencari ukuran bearing? Palagi kalo ada kerjaan mengganti bearing suatu komponen mesin dimana yng tertinggal cuma keepnya aja,hehehe.... Kalo kita udah tau diameter luar dan dalamnya kadang masih susah juga,karena orang toko kebanyakan tidak ngerti,karena stok mereka hanya mencatat type bearingnya aja. Oleh karena itu sahabat BMB yg saya cintai,kaliini saya upload gambar atau tabel Ukuran Dan Jenis Ball Bearing atau klaher atau kadang jadi laher atau laker aja... Nah ,kalo udah tau ukuran diameter dalam (d),diameter luar (D),apalagi tebalnya (B), langsung aja cari Type atau nama dari bearing tersebut,baru kita mintakan ke pelayan tokonya,biar si mbanya jg ga bingung.hehe.... Type R Baca Juga : Jenis Jenis dan Cara Membaca Kode Bearing/Klaher Duduk Type 600 Baca Juga : Inilah Daftar Ukuran,Jenis dan Type Roller Taper Bearing (Klaher Tirus) Type 6000 Baca Juga: Daftar Toko Bearing di Denpasar Bali Type 6200 Baca Juga: Bearing ASB yang Fenomenal (Tips

Daftar Ukuran Drat Pipa

Ada yang tertinggal saat saya memposting standarisasi drat , yaitu tentang pembahasan drat pipa. Kadang ketika membubut drat pada pipa yang agak tebal dan mencocokkannya dengan fittingnya,saya kurang puas dengan bentuk dan cleareance nya. Lalu rasa ingin tahu akan berapa diameter standar dari drat pipa pun muncul dan langsung melihat tabel. Mungkin juga ada rekan-rekan yang sedang mencari tabel standar ukuran drat pipa karena saya mendapati beberapa pengunjung terdampar di sini dengan keyword tersebut. Makanya saya akan share dan semoga bermanfaat. Drat luar nevel/pipa, Ada yg miring dan ada yang lurus contoh ukuran drat standar NPT Tabel Drat Pipa berdasarkan standard ANSI/ASME B1.20.1/3 Ukuran Nominal Pipa(in) Diameter Luar Pipa Threads per inch Thread pitch 1⁄16 0.3125 in (7.94 mm) 27 0.03704 in (0.94082 mm) 1⁄8 0.405 in (10.29 mm) 27 0.03704 in (0.94082 mm) 1⁄4 0.540 in (13.72 mm) 18 0.05556 in (1.41122 mm) 3⁄8 0.675 in (17.15 mm) 18 0.05556 in (1.41122 mm

Cara Mengasah Pahat Bubut

Meskipun dalam postingan sebelumnya kita tahu bahwa kita bisa membeli pahat bubut yang siap pakai,namun cara mengasah pahat bubut adalah pelajaran yang harus kita kuasai saat memulai belajar mesin bubut. Mengasah pahat adalah bagian dari tekhnik dan juga bagian dari seni. Dalam tutorial mesin bubut kali ini yang kita pelajari adalah mengasah pahat bubut HSS Kapital. Pahat bubut HSS dijual dalam keadaan  blank(belum dibuat sisi potongnya). Ukuran yang tersedia biasanya mulai dari 5/16",3/8",1/2" dst (penampang) dan panjangnya 3",4",6"dst. Pahat HSS Ada empat langkah yang harus ditempuh untuk membuat sebuah pahat bubut muka kanan, yang akan kita pakai contoh dalam kasus mengasah pahat HSS kali ini,yaitu: menggerinda di bagian ujung menggerinda sisi kirinya menggerinda sisi atasnya membulatkan ujungnya model yang menunjukkan bagian yang digerinda     Pertama kita akan menggerinda bagian depan batang HSS ini (bagian yang